8 August 2022

Foto:PKP/ech_jm

Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM., MH., melaunching kehadiran Toko Modern Indomaret di Jalan Timor Raya, Nomor 154, Kelurahan Kelapa Lima, Kota Kupang, Rabu (27/7). Indomaret akan merekrut tenaga kerja di Kota Kupang dan memasarkan produk lokal.

Wali Kota yang akrab disapa Jeriko ini mengaku bersyukur atas kehadiran perdana Indomaret di NTT, khususnya di Kota Kupang, menurutnya ini merupakan langkah awal yang dilakukan pemerintah melakukan kerja sama dengan toko modern yang sudah ada di Indonesia, “jadi toko modern yang sudah ada ini bukan hanya Indomaret tapi ada yang lain juga sehingga Indomaret ini juga kami harap untuk ikut membantu perekonomian di Kota Kupang, jadi harus sama dengan toko-toko modern yang sudah ada juga membantu masyarakat,” ujar Jeriko.

Pada kesempatan ini, mantan anggota DPR RI dua periode ini mengatakan bahwa dinas teknis seperti Disperindag dan Dinas PTSP sangat terbuka untuk memberikan ijin tanpa pandang bulu, pemerintah kota kupang menaruh perhatian karena nanti yang sama dan sejajar dalam memberikan dan memproses ijinnya secara cepat.

Wali Kota juga berterima kasih atas kehadiran investor yang mau datang berinvestasi dan merekrut tenaga kerja anak asli Kota Kupang, ini terobosan yang dilakukan pemerintah karena banyak pengangguran di Kota Kupang menjadi momok tersendiri bagi Pemerintah, oleh karena itu investasi seperti ini karena bisa memberikan kesempatan kepada anak-anak Kota Kupang bisa mendapatkan ilmu sekaligus dapat bekerja di Indomaret.

Indomaret juga akan membuka training center, menurut Jeriko, langkah yang dilakukan Indomaret akan menyiapkan tenaga kerja Kota Kupang untuk bekerja secara baik dalam mengelola Indomaret, “satu langkah awal yang menurut saya cukup bagus, sehingga adanya transformasi pengetahuan ilmu kepada adik-adik kita ketika disiapkan oleh Indomaret menjadi tenaga kerja yang akan dilatih melalui training center itu,” kata Jeriko lagi.

Walikota juga berharap agar Indomaret memberikan suasana perbelanjaan yang lebih murah, kehadiran Indomaret merupakan sarana untuk menunjang sebuah kota sebagai kota modern karena Indomaret merupakan salah satu toko modern, “kalau satu kota tidak ada toko modern itu bukan kota namanya, mudah-mudahan kehadiran Indomaret ini bisa berdampak bagi kita sebagai sarana untuk mendukung pariwisata yang sudah banyak Taman Kota di Kota Kupang,” urainya.

Pemerintah juga bersyukur karena Indomaret akan bekerja sama dengan UMKM yang akan memasarkan produk-produk lokal, sehingga kehadiran Indomaret semakin melegitimasi keuntungan besar bagi pengembangan ekonomi di Kota Kupang, bukan saja untuk tenaga kerja lokal tapi juga menghidupkan UMKM yang bisa terjual di sini.

Artinya Indomaret bisa multi player efek yang luar biasa, karena jika barang-baranya laku di jual di Indomaret maka ada penambahan bahan baku yang akan di beli untuk membuat produk lagi, lalu ada penambahan tenaga kerja lagi karena pekerjaan semakin banyak, maka multi player efect ini yang akan memberikan dampak ekonomi, “Jadi jangan di lihat berapa tenaga kerja yang direkrut langsung oleh Indomaret tetapi lihatlah multi player effect dari kehadiran Indomaret, kehadiran Indomaret bisa mengurai pengangguran dan membangkitkan ekonomi di Kota Kupang,” tutup Jeriko.

Sementara itu Kepala Indomaret Cabang Kupang, Ridwan Syahroni menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Kupang yang telah memberikan kesempatan kepada Indomaret untuk hadir di tengah masyarakat Kota Kupang guna membangun sinergi bersama, dirinya berkomitmen untuk merekrut tenaga kerja Kota Kupang dan membuka ruang bagi UMKM untuk memasarkan produk lokal di Indomaret.

“Kami mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga terkhusus kepada Pemerintah Kota Kupang dan masyarakat Kota Kupang pada umumnya bahwa kehadiran Indomaret sebagai sebuah sarana berbelanja untuk memenuhi kebutuhan utama sehari-hari masyarakat Kota Kupang,” ujar Ridwan.

Ia juga membeberkan bahwa Indomaret adalah merek dagang yang dikelola oleh PT. Indomarkot Wismatama yang berkantor pusat di Jakarta yang sampai dengan saat ini mengelola lebih dari 20.000 toko di seluruh Indonesia termasuk toko pertama yang dibuka di Kota Kupang, sebelumnya kata Ridwan, pada saat persiapan untuk buka cabang di Kupang sudah merencanakan untuk melakukan perekrutan karyawan untuk tenaga kerja dari anak-anak di Kota Kupang, untuk saat ini menurutnya sudah ada 6 orang pertama yang direkrut.

“Awal agustus sudah bisa memulai training, saat ini sedang mempersiapkan bangunan sebagai lokasi training center, saat ini masih ada tenaga perbantuan dari Pulau Jawa, nanti bertahap sambil training adik-adik di Kota Kupang, nanti semuanya dialihkan ke tenaga kerja lokal,” katanya lagi.

Jadi harapannya, Ridwan berharap dengan krhadiran di Kota Kupang bisa menggerakkan juga tenaga-tenaga lokal yang akan belajar dan bersinergi dengan Indomaret supaya siap menghadapi persaingan ke depan. Indomaret membuka kesempatan di toko-toko Indomaret akan ada speech untuk kerja sama dengan UMKM lokal, “akan ada tempat untuk disewakan UMKM nya bisa berjualan, saat ini sudah ada 4 produk lokal yang sudah masuk di toko kita, ke depan kita akan bekerja sama dengan Disperindag untuk produk-produk lokal yang memang berpotensi bisa jual di Indomaret, kita bisa sama-sama memajukan Indomaret dan untuk masyarakat di Kupang,”. Kata Ridwan lagi.

“Untuk suplay barang saat ini kita bekerja sama dengan 27 suplayer lokal di sini yang memasok produk lokal, dengan Indomaret buka di Kupang, bisa menggerakkan perekonomian di sini ke depannya, indomaret hadir untuk bersinergi dan siap membangun Kota Kupang, mohon doa dan restu dari pemerintah dan masyarakat Kota Kupang supaya Indomaret bisa memberikan kontribusi untuk kemajuan bersama,” tutupnya. *PKP/sny_nt*

Leave a Reply

Your email address will not be published.