8 August 2022

Foto:PKP/rdp

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang melakukan Launching mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) dan Identitas Kependudukan Digital (Digiutal ID) yang diharapkan dapat membantu masyarakat dalam proses pembuatan dokumen kependudukan menjadi lebih mudah dan cepat serta dapat memangkas biaya masyarakat dalam mengakses layanan publik. Launching ADM dan Digital ID tersebut diresmikan oleh Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, M.M., M.H., sekaligus melakukan uji coba penggunaan mesin ADM yang bertempat di halaman kantor Dispendukcapil Kota Kupang, Rabu(27/7).

Wali Kota Kupang dalam sambutaannya menyampaikan mesin atau alat tersebut bertujuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di Kota Kupang. Dijelaskan bahwa persoalan pengurusan dokumen kependudukan dengan intensitas yang tinggi dapat menimbulkan antrean dan waktu yang lebih lama sehingga memicu perjuangan untuk mendapatkan mesin ADM. Diharapkan dengan adanya mesin tersebut mampu menghemat waktu dan biaya.

Lebih lanjut Jeriko sapaan akrab Wali Kota Kupang mengatakan ini merupakan langkah awal Pemkot Kupang yang secara luar biasa melayani masyarakat. Ia berpesan agar kedepan dapat dianggarkan untuk pengadaan 6 unit mesin bagi 6 kecamatan di Kota Kupang sehingga pelayanan semakin lebih dekat ke masyarakat. Ini adalah kreatifitas dan terobosan-terobosan yang dilakukan Dispendukcapil Kota Kupang dalam memberikan pelayanan yang prima.

“Bukan hanya mesin ADM, namun pelayanan di Dispendukcapil harus terus ditingkatkan. Program-program yang sebelumnya dirasa bermanfaat seperti program Artis atau antar gratis dokumen kependudukan oleh petugas Dispendukcapil ke rumah masyarakat dapat dipertahankan, karena kedepannya Dispendukcapil akan menjadi contoh pelayanan pemerintah kepada masyarakat,” ungkap Jeriko.

Di akhir sambutannya Wali Kota berharap dalam pelaksanaannya kedepan mesin ADM ini dapat membawa dampak yang signifikan dalam melayani masyarakat. Ucapan terima kasih disampaikan kepada masyarakat yang terus mendukung pengembangan pelayanan di Kota Kupang, meskipun diakuinya masih banyak kebutuhan masyarakat yang belum terlayani dengan baik.

Maksud dan tujuan Launching mesin ADM dan Digital ID yang disampaikan oleh Kepala Dispendukcapil Kota Kupang, Angela Tamo Inya, S.IP., M.M., adalah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Kota Kupang dalam mencetak dokumen kependudukan secara mandiri dan memiliki identitas kependudukan digital yang dapat digunakan untuk mengakses berbagi jenis pelayanan public secara mudah, aman, efektif dan efisien. Ruang lingkup penggunaan mesin dan aplikasi tersebut adalah masyarakat Kota Kupang yang terdaftar dalam database Dukcapil dan sebagai penduduk Kota Kupang.

Adapun beberapa manfaat dari mesin ADM antara lain; masyarakat dapat mencetak dokumennya sendiri (KK, KTP-El, KIA, Akta-Akta Capil), menekan potensi KKN karena tidak ada tatap muka langsung antara masyarakat dengan petugas Dukcapil serta tidak ada calo karena masyarakat dapat mengurus dan menceta secara mandiri dokumen kependudukan. Sedangkan manfaat Digital ID antara lain; Sistem Interoperabilitas yang dimilikinya sehingga dapat mengintegrasikan data kependudukan pada akses layanan publik (NPWP, Perbankan, BPJS, Sertifikat Tanah, dan lain-lain), kemudahan registrasi tanpa proses yang panjang dan repetitive, menunjukkan validitas identitas di dunia digital, meminimalkan resiko pencurian identitas serta tidak perlu menghafal banyak username dan password untuk log in di berbagai aplikasi.

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Kota Kupang, Christian Saeketu Baitanu, S.H., M.H., bersama para Anggota DPRD Kota Kupang, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi NTT, Darius Beda Daton, Komisioner Komisi Informasi Publik NTT, Agustinus Lede Bole Baja, Para Staf Ahli Wali Kota Kupang, Para Asisten Sekda Kota Kupang, Pimpinan Perangkat Daerah Kota Kupang serta Para Camat se-Kota Kupang. Acara ditandai dengan pengguntingan pita dan uji coba mesin ADM dan aplikasi Digital ID. *PKP/chr_nt*