3 July 2022

Foto:PKP/jm

Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man, meninjau Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor Dalam Rangka Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke-XXIX Tingkat Kota Kupang Tahun 2022 di Puskesmas Oebobo, Rabu (15/6).

Atas nama Pemerintah Kota Kupang Wawali menyampaikan terima kasih kepada ibu-ibu yang secara sukarela mengikuti program KB. Menurutnya dalam upaya penanganan stunting, keluarga merupakan komponen utama yang sangat berperan dalam pencegahan maupun penanggulangannya. Dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas maka perlu dilaksanakan program Keluarga Berencana (KB) untuk mengatur kehamilan yang diinginkan, menjaga kesehatan dan menurunkan angka kematian ibu bayi dan anak. Kehadirannya hari ini untuk memastikan apakah para akseptor berkenan dengan program ini. Dia berharap dengan kegiatan ini makin banyak warga Kota Kupang bersedia mengikuti program KB.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Kupang, drg. Fransisca J.H. Ikasasi menjelaskan dengan memanfaatkan peringatan Hari Keluarga Nasional XXIX tahun 2022, BKKBN berinisiatif melakukan pelayanan KB serentak sejuta akseptor. Melalui kegiatan ini diharapkan beberapa target sasaran strategis BKKBN dapat tetap diwujudkan dengan mempertimbangkan pendekatan budaya kearifan lokal serta tetap memperhatikan protokol kesehatan. Waktu pelaksanaan pelayanan KB dilakukan serentak di seluruh provinsi pada tanggal 15 Juni 2022 mulai pukul 00.00 sampai dengan 23.59 waktu setempat. Puskesmas Oebobo menjadi lokasi pelaksanaan karena pertimbangan meskipun wilayahnya tidak luas namun penduduknya padat.

Dari hasil pemantauan, antusiasme warga untuk mengikuti program KB di Puskesmas Oebobo cukup tinggi. Sejak sehari sebelumnya sudah 35 orang calon akseptor yang mendaftarkan diri dengan rentang usia 23-35 tahun dan sudah memiliki anak 2 hingga 3 orang.

Pada kesempatan yang sama Wawali bersama Wakil Ketua TP PKK Kota Kupang, Elisabeth Rengka, berkesempatan memberikan bantuan makanan tambahan dari Kementerian Kesehatan untuk Balita Gizi Kurang dan Perempuan Hamil KEK (Kurang Energi Kronis) kepada beberapa ibu dan anak pengunjung Puskesmas Obebo. Setiap balita diberikan 2 dos makanan tambahan untuk 2 minggu yang dipantau saat posyandu dan kunjungan rumah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Koordinator Bidang KBKR BKKBN Prov. NTT dr. Mauliwati Bulo, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Kupang, drg. Fransisca J.H. Ikasasi, Camat Oebobo, Paulus Kajo Werang, SE., Lurah Oebobo Jon Edward Parulian Purba, SE., dan Kepala Puskesmas Oebobo, dr. Maria Kurniawati. *PKP/elvy_nt*

Leave a Reply

Your email address will not be published.