2 July 2022

Foto:PKP/let

Pemerintah Kota Kupang dukung Organisasi Gerakan Pembumian Pancasila di NTT khususnya di Kota Kupang. Dukungan tersebut disampaikan Wakil Walikota Kupang dr. Hermanus Man dalam sambutannya pada acara Pengukuhan DPD Gerakan Pembumian Pancasila (GPP) Provinsi NTT, Pelantikan DPC GPP Kota Kupang sekaligus Pembekalan Ideologi dan Organisasi dalam Rangka Perayaan Hari Lahir Pancasila Ke-77 di Neo Aston, Sabtu (29/05/2022). Hadir dalam kesempatan itu Ketua umum DPP Gerakan Pembumian Pancasila DR. Antonius D.R. Manurung , M.Si dan Bendahara Umum DPP-GPP DR. Gunawan Djayaputra,

Berkaitan dengan Gerakan Pembumian Pancasila ini Wakil Walikota Kupang mengatakan bahwa GPP adalah sebuah organisasi yang menjadi bagian penting dari terbangunnya sebuah gerakan nasional untuk membumikan Pancasila itu sendiri, sehingga Pancasila itu harus dikenal kemudian dimanfaatkan tentu bukan dengan cara indoktrinasi namun sebaliknya harus menjadi sebuah gerakan yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menjadi sebuah gerakan maka kita harus mulai dari pengetahuan karena prinsipnya masyarakat harus mengenal terlebih dahulu apa itu Pancasila beserta nilai-nilainya. Bagaimana caranya? Menurutnya, kita bisa gunakan semua cara yang relevan sehingga Gerakan Pembumian Pancasila ini menjadi sebuah gerakan yang masiv ditengah-tengah masyarakat. Misalnya saja lewat jalur pendidikan, lembaga-lembaga kemasyarakatan atau sosialisasi di lembaga-lembaga agama atau lainnya, ujar Wawali.Ia juga menegaskan bahwa dengan metode pengenalan yang baik tentang nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari maka kita bisa optimis akan melahirkan sikap Nasionalisme dan mengikis berbagai cikal bakal konflik yang berasal dari Suku, Agama, Politik dan hal-hal yang bersifat Rasial “Kami menyadari bahwa Kota ini telah dihuni masyarakat dari berbagai daerah dan latar belakang yang berbeda namun disisi lain selaku Pemerintah kami juga memiliki komitmen yang kuat untuk menjaga keharmonisan dan keutuhan seluruh warga masyarakat dalam bingkai “Rumah Besar Kerukunan bersama”. Ujar Wawali.

Menutup sambutannya dr.Hermanus Man mengajak seluruh warga masyarakat Kota Kupang untuk bersama-sama terlibat aktif dalam ‘membumikan Pancasila’ agar nilai-nilai Pancasila tidak menjadi slogan saja tapi sebaliknya menjadi budaya bagi warga masyarakatnya. Untuk itu kami menyampaikan apresiasi kepada GPP atas misi yang begitu luhur membangun Nasionalisme anak bangsa. Ia meneruskan bahwa sejujurnya Pemkot telah siap mendukung Gerakan Pembumian Pancasila di NTT khususnya di Kota Kupang karena membangun bangsa ini membutuhkan sikap Nasionalisme dari kita semua sebagai Rakyat dan warga bangsa.

DR. Antonius D. R. Manurung , M.Si selaku Ketua Umum GPP dalam sambutannya mengatakan, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kota Kupang atas dukungannya kepada Organisasi GPP yang akan hadir dan bekerja sama dengan Pemerintah dalam Membumikan Pancasila di wilayah Kota Kupang. Menurut Anton dukungan Pemkot ini harus menjadi spirit luar biasa bagi GPP lebih khusus DPC GPP di Kota Kupang, saya merasa bahwa “Keterbukaan dukungan dan kehangatan persaudaraan Pemerintah Kota Kupang membuat kita semua merasa sudah seperti berada dirumah sendiri”, oleh sebab itu keterbukaan dalam arahan dan nasehat Wakil Walikota Kupang ini harusnya dapat dimaknai sebagai ruang sinergi yang positif bagi kita sekaligus kekuatan GPP untuk melakukan seluruh aktivitas “Pembumian Pancasila” di Kota Kupang ini.

Sementara itu Ketua Panitia pelaksanaan acara Pengukuhan DPD Gerakan Pembumian Pancasila (GPP) Provinsi NTT, Pelantikan DPC GPP Kota Kupang sekaligus Pembekalan Ideologi dan Organisasi dalam Rangka Perayaan Hari Lahir Pancasila Ke-77 Daud Yefkanisius Nassa, S.Pd.,M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa globalisasi sadar atau tidak telah membawa dampak luar biasa bagi kehidupan kita sebagai masyarakat berbangsa dan bernegara. Dampak globalisasi ini terasa hampir di setiap aspek kehidupan kita sebagai masyarakat teristimewa aspek ideologi. Seperti kita ketahui bersama bahwa Pancasila juga tidak terlepas dari gangguan dan ancaman baik itu yang berasal dari luar maupun dari dalam negeri sendiri. Oleh karenanya menjadi tanggung jawab moril kita semua sebagai anak bangsa untuk memiliki semangat yang sama dalam mempertahankan NKRI dari setiap gangguan dan ancaman, ujar Daud.

Ditambahkannya bahwa berdasarkan fenomena itulah kemudian Ia dan kawan-kawan merasa terpanggil untuk bersama-sama dengan Ketum membangun sebuah Gerakan Pembumian Pancasila yang diharapkan bisa menjadi pilar terdepan dalam rangka pelestarian nilai-nilai Pancasila sebagaimana telah menjadi komitmen nasional yang ditanamkan oleh para pendiri bangsa.

Mengakhiri Laporannya Daud menyampaikan bahwa acara Pengukuhan DPD Gerakan Pembumian Pancasila (GPP) Provinsi NTT, Pelantikan DPC GPP Kota Kupang sekaligus Pembekalan Ideologi dan Organisasi dalam Rangka Perayaan Hari Lahir Pancasila Ke-77 akan mengukuhkan dan melantik sejumlah orang Dewan Pembina, Dewan Pengurus dan Dewan Pakar ditingkat Provinsi dan pelantikan DPC-GPP tingkat Kota Kupang.Acara tersebut kemudian ditutup dengan pelantikan dan pengesahan DPC-GPP tingkat Kota Kupang lewat Surat Keputusan DPD-GPP Provinsi Nusa Tenggara Timur No. 001/SK/DPD-GPP/V/2022-2027 sebagai berikut: Dewan Pembina, Ketua Drs. Aloysius Min, MM, Wakil Ketua Drs. Tabi’in M.Pd, Sekretaris Dr. Efron Loe, SS. M. Hum, Anggota Rm. Yonas Kamlasi, Pr, S. Fil; MM, Pinandita Supardi, S. Pd, Imah S.Pd.,MM dan Konstantius Nu Nay, S.Pd sedangkan dewan pengurus yang dilantik terdiri dari Ketua Syprianus Selamu S.Fil,. B.Th, Waket bidang Organisasi I Gusti B.P Sudiarcana, S.Pd.,H.Gr, Waket bidang pengembangan masyarakat Antonius J. W, SE, Waket bidang pengembangan jaringan Fredik L. Kollo, S.Pd.,M.Pd, Waket bidang pengembangan budaya Thomas Kemil Masi, S.Pd,.M.Pd, Waket bidang advokasi Yusly Nitte SH,.M.Pd, Waket bidang riset, inovasi dan publikasi Albert S. Mali, S.Pd.,M.Pd, Sekretaris Daud Yefkanius Nassa, S.Pd.,M.Pd, Wasek organisasi/ kaderisasi Supriadi S. Dharma, S.Pd, bidang pengembangan masyarakat Robertus Thius, S.Fil, bidang pengembanga jaringan Thiomas A. M. Lalu, S.Kom, bidang budaya Debora Y. Panaoni, S.Pd, Advokasi Hermanus J. Loko, SH, bidang riset inovasi dan publikasi Maglon Banamtuan S.Pd.,M.Pd, bidang komuikasi informasi dan data Efraim S. Nale, S.Pd.,M.Pd, Bendahara Dra. Maria Magdalena Tri Ratnasary, M.Pd wakil Dorkas Y.A. Kale, S.Pd.,M.Pd, Humas Ketua Anjulin Kamlasi, S.Pd.,M.Pd, Sekretaris Hari Mone, S.Pd.,M.Pd, Anggota Adrianus E. Leag, S.Pd, Margaretha F, S.Pd, Remigius T, S.Pd dan Robert L, S.Pd.,M.Pd. *PKP/jms_nt*

Leave a Reply

Your email address will not be published.