1 July 2022

Foto:PKP/rdp_ddy

Pemerintah Kota Kupang, Jumat (20/5) pagi memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 tahun 2022 bertempat di ruang Garuda kantor Wali Kota Kupang.

Peringatan Harkitnas kali ini mengambil tema “Ayo Bangkit Bersama”. Bertindak selaku Pembina Upacara peringatan Harkitnas ke-114 tersebut Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, M.M., M.H., dan dihadiri oleh Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man, Staf Ahli Wali Kota Kupang, para Asisten Sekda Kota Kupang serta Pemimpin Upacara oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Kupang, Ernest S. Ludji, S.STP., M.Si.

Kegiatan ini diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Kupang secara virtual yang ada di masing-masing OPD dan kecamatan se-Kota Kupang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Wali Kota Kupang saat membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika mengatakan, kali ini memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114. Pada tahun ini, “Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Pada sisi penanganan COVID-19 di tingkat nasional, kita dapat melihat bahwa upaya kita kian menunjukkan hasil yang positif, ditunjukkan dengan kasus baru harian di bawah 400 kasus dan total kasus aktif yang sudah berada di bawah angka 5.000 kasus (Data per 13 Mei 2022). Selain itu, capaian vaksinasi COVID-19 dosis kedua juga sudah mencapai 79 persen. Namun demikian, kita patut tetap waspada dan terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan.

Penanganan COVID-19 yang membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Secara perlahan, hal ini mendorong pemulihan perekonomian nasional. Perekonomian Indonesia pada triwulan I-2022 terhadap triwulan I-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen (y-on-y). Hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif, kecuali Administrasi Pemerintahan dan Jasa Pendidikan. Dari sisi produksi, tiga Lapangan Usaha mengalami pertumbuhan tinggi yakni:

1. Sektor Usaha Transportasi dan Pergudangan 15,79%

2. Sektor Jasa-jasa lain 8,29%

3. Sektor Informasi dan Komunikasi 7,14%

Mari terus kita bekerja keras dan bersinergi menjaga, mempertahankan dan meningkatkan perekonomian nasional Indonesia.

Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema _“Recover Together, Recover Stronger”_, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.

Pertemuan G20 yang dipimpin oleh Indonesia tahun ini mengusung tiga isu prioritas, yaitu Arsitektur Kesehatan Global yang Inklusif, Transformasi berbasis Digital dan Transisi Energi Berkelanjutan.

Tema dan isu prioritas G20 yang diangkat Indonesia merupakan cerminan dari semangat kebangkitan yang dirayakan pada hari ini, yakni di tengah keterpurukan akibat pandemi COVID-19, tidak pernah meluruhkan cita untuk pulih bersama dan bangkit lebih kuat. Indonesia terus mendorong negara-negara anggota G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata dan siap berkolaborasi serta menggalang kekuatan sehingga masyarakat dunia dan kemanusiaan dapat merasakan dampak nyata dari kerja sama ini. *PKP/chr_nt*

Leave a Reply

Your email address will not be published.