2 July 2022

Foto:PKP/rdp

Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi NTT Tahun 2023 di Pallacio Ballrom Hotel Aston Kupang, Senin (25/04). Musrenbang dibuka oleh Gubernur NTT, Dr. Viktor Bungtilu Laiskodat. Hadir dalam kegiatan tersebut, yang mewakili Menteri Dalam Negeri RI, Kepala Badan Pengembangan SDM Kementerian Dalam Negeri RI, Dr. Sugeng Hariyono, serta yang mewakili Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas RI, Deputi Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan Bappenas, Dr. Ir. Slamet Soedarsoo, MPP, QIA, CRMP, CGAP. Turut hadir pula Ketua DPRD Provinsi NTT beserta para anggota DPRD Provinsi NTT, Forkompimda Tingkat Provinsi NTT, Wakil Wali Kota Kupang dan para Bupati/Wakil Bupati Se Provinsi NTT, para Pimpinan DPRD Kabupaten/Kota, para Pimpinan Lembaga Jasa Keuangan dan Perbankan, para Pimpinan Instansi Vertikal, Staf Ahli Gubernur dan Staf Khusus Gubernur, para Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Provinsi NTT, Bappeda Kabupaten/Kota, Lembaga Mitra Pembangunan Unicef, AuuAID, USAID, NGO/LSM, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, perwakilan anak, perwakilan penyandang disabilitas dan insan pers.

Gubernur NTT, Dr. Viktor Bungtilu Laiskodat dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan aspek perencanaan pembangunan harus dipersiapkan dan dipahami dengan baik. Menurutnya perencanaan yang sudah bagus harus diikuti dengan kerja sama yang baik dari Pemerintah Pusat sampai ke desa—desa. “Karena perencanaan sehebat apapun, jika cara kerjanya tidak disiplin maka masyarakatnya juga tidak akan maju. Inti dari Musrenbang bukan hanya perencanaan, namun niat setiap kita untuk mengerjakan semua yang telah direncanakan ” tegasnya.

Kaban Pengembangan SDM Kemendagri, Dr. Sugeng Haryono, yang mewakili Mendagri mengapresiasi rancangan RKPD Prov. NTT Tahun 2023 yang mengangkat tema “Pemulihan Kesehatan dan Ekonomi untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat dan Kemandirian Lokal” yang telah mendukung tema Rencana Kinerja Pemerintah (RKP) Tahun 2023 yaitu “Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”. Menurutnya keselarasan tema pembangunan antara Pusat dan Daerah penting dilakukan agar prioritas pembangunan kegiatan dan target kinerja pembangunan pada Tahun 2023 tingkat nasional dan daerah dapat dilaksanakan dan tercapai secara sinergis serta simultan.

Ketua DPRD Prov. NTT Emi Nomleni menambahkan rangkaian kegiatan ini berfungsi sebagai konsultasi publik untuk menyelaraskan rancangan RKPD dengan usulan masyarakat melalui tahapan Musrenbang (negosiasi, rekonsiliasi dan harmonisasi) antara Pemerintah dan para pemangku kepentingan non Pemerintah.

Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi NTT diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Hasil Kesepakatan Musrembang RKPD Prov. NTT Tahun 2023. Penandatanganan oleh para Bupati/Wakil Bupati, Wakil Wali Kota Kupang dan terakhir oleh Gubernur NTT. *PKP/rdp_nt*

Leave a Reply

Your email address will not be published.