28 June 2022

Foto:PKP/rdp

Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, M.M., M.H., memastikan Turnamen Catur Jeriko Cup akan berlanjut secara rutin di tahun-tahun mendatang. Kepastian tersebut disampaikannya saat menutup Turnamen Catur Jeriko Cup di Lantai I Kantor Wali Kota Kupang, Senin (18/4). Menurutnya Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Kupang sudah menyatakan kesanggupan untuk melanjutkan turnamen ini di tahun-tahun mendatang meskipun mungkin tidak dengan nama Jeriko Cup lagi.

Menurutnya meski masa jabatannya akan berakhir pada Agustus 2022 mendatang, namun tetap akan memberikan perhatian kepada upaya pengembangan olahraga catur di Kota Kupang melalui turnamen ini. Bahkan akan diupayakan agar pelaksanaan turnamen di tahun mendatang lebih meriah dan di tempat yang lebih baik beserta hadiah-hadiah yang lebih menarik, dengan harapan tidak ada keributan seperti yang sudah berhasil dilaksanakan panitia pada turnamen tahun ini. “Yang paling penting adalah bagaimana memulai. Kita berharap dengan even ini masyarakat Kota Kupang lebih tertarik dengan olahraga catur,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Wali Kota menyampaikan terima kasih kepada panitia dan para pemuda yang terlibat dalam turnamen ini seperti Komunitas Kopi Arak dan Pemuda Fatululi yang sudah memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan kegiatan ini. Terima kasih juga disampaikannya kepada para sponsor, terutama Bank NTT yang telah membantu menyediakan hadiah bagi para juara dalam turnamen ini.

Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Kupang, Ir. Elvianus Wairata, M.Si, mengapresiasi penyelenggaraan Turnamen Catur Jeriko Cup yang sudah berlangsung sejak 7 hingga 14 April 2022 lalu. Diakuinya tingkat partisipasi peserta dalam turnamen ini cukup tinggi, bahkan hadir juga peserta dari luar Kota Kupang seperti dari kabupaten sedaratan Timor, daratan Sumba juga ada peserta dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Menurutnya turnamen ini merupakan kebanggaan masyarakat Kota Kupang dan menjadi ajang yang tepat untuk membina bakat catur di Kota Kupang. Sebagai Ibu Kota Provinsi NTT, Kota Kupang menurutnya memiliki potensi catur yang besar. Karena itu dia berharap talenta-talenta muda catur yang sudah ada tidak dibiarkan begitu saka melainkan diperdayakan.

Senada dengan Wali Kota, Elvianus juga berharap agar turnamen catur ini tidak berakhir di tahun 2022 saja tetap bisa terus berlanjut di tahun-tahun mendatang. Dia juga berterima kasih kepada semua sponsor, terutama Bank NTT yang sudah memberikan dukungan yang luar biasa untuk penyelenggaraan turnamen ini. Atas nama para pencinta catur di Kota Kupang, dia berharap agar Pemkot Kupang menyiapkan fasilitas permainan catur di tempat-tempat publik seperti taman-taman yang baru dibangun.

Turnamen Jeriko Cup Tahun 2022 diikuti oleh 130 peserta, dibagi dalam dua kategori. Kategori senior 113 peserta dan kategori junior 17 peserta. Peserta berasal dari Kota Kupang, kabupaten se-daratan Timor, Sumba Barat Daya, Flores Timur dan Sulawesi Selatan. Penentuan juara yang berhak memperoleh hadiah, untuk kategori senior dari juara 1 hingga 20 dan kategori junior dari juara 1 hingga 10.

Dari hasil turnamen untuk kategori senior, juara I diraih oleh Fatikh Ganus asal Sulawesi Selatan, Juara II diraih oleh Yandra Feoh dan Juara III diraih oleh Ricky Dethan. Sementara untuk kategori junior, Juara I diraih oleh Tasya Guteres, Juara II diraih oleh Cosmas Talo dan Juara III diraih oleh Lina Guteres. *PKP/ans_nt*

Leave a Reply

Your email address will not be published.