3 July 2022

Foto:PKP/ech

Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore,MM,MH meresmikan perluasan jaringan Biznet, perusahaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia yang menyediakan layanan Internet cepat dan stabil di Kota Kupang. Acara peresmian berlangsung di Aula Garuda, Kantor Wali Kota Kupang, Jumat (18/2). Turut hadir dalam kesempatan tersebut Vice President Marketing Biznet, Bagus Wijaksono, para Asisten Sekda Kota Kupang, Kadis Komunikasi dan Informatika Kota Kupang beserta beberapa pimpinan perangkat daerah di lingkup Kota Kupang.

Dalam sambutannya Wali Kota mengharapkan kerja sama yang terjalin antara Biznet dengan Pemkot Kupang bisa memberi dampak yang baik bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Kupang. Dengan pemasangan jaringan WiFi gratis di sejumlah titik di Kota Kupang menurutnya bisa mendorong lahirnya start-start up baru yang berbasis digital, yang diharapkan dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yang belum pulih benar akibat pandemic covid 19.

Dalam upaya pengembangan ekonomi, Pemkot Kupang juga menjalin kerja sama dengan gereja-gereja untuk penyaluran bantuan-bantuan sosial. Sejak awal kerja sama dengan Biznet, Wali Kota Jeriko memberikan penekanan khusus pada support untuk rumah-rumah ibadah, yang mengalami pembatasan akibat pandemi. Dengan pemasangan wifi gratis di rumah-rumah ibadah, diharapkan ibadat umat beragama bisa berjalan dengan baik meskipun berlangsung secara online.

Mantan Anggota DPR RI itu juga berharap agar fasilitas wifi gratis pada gereja-gereja tidak hanya dimanfaatkan untuk aktivitas ibadah keagamaan saja, tapi juga bisa digunakan untuk membantu warga sekitar,  terutama para pelajar yang membutuhkan akses internet untuk bersekolah dan mengerjakan tugas. Meski demikian Wali Kota mengimbau agar layanan internet gratis ini tetap dalam kontrol untuk mencegah anak-anak mengakses konten-konten negatif. Dia berharap ke depan rumah ibadah lainnya juga ikut disupoort dengan jaringan internet yang lebih luas.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kupang, Wildrian Ronald Otta, SSTP, MM, dalam laporannya menyampaikan kegiatan hari ini merupakan kelanjutan dari MoU yang sudah ditandatangani sejak November 2021 lalu. Titik pertama yang dipasang adalah Kantor Sinode GMIT yang kemudian dilanjutkan ke rumah-rumah ibadah lainnya. Hingga saat ini Biznet sudah melakukan pemasangan jaringan internet gratis di 20 rumah ibadah, antara lain; GMIT Sinode, Gereja Horeb, Gereja Galed, GMIT Kota Baru, Gereja GMIT Jemaat Talitakumi, Masjid Nurul Hidayah, Masjid Baiturahman, Gereja Katolik Santa Maria Assumpta, Gereja Katolik St. Maria Fatima, GMIT Gloria Kayu Putih, Masjid Al Muttaqin, Gereja Katolik St. Antonius Kelapa Lima, GMIT Christian Church, Betlehem Oesapa Barat Congregation, Gereja Karmel Fatululi, Gereja Betel Indonesia Elsadai, Masjid UMK, Gereja Menara Kesaksian, Gereja HKBP Kupang, Gereja GMII Filipi serta Gereja GBI Kupang Baru.

Dia optimis kehadiran Biznet bisa memberikan kontribusi positif bagi pendapatan daerah Kota Kupang. Pihak Biznet  menurutnya berkomitmen seiring dengan perluasan area dan pelanggan, peningkatan pelayanan juga akan semakin besar diberikan untuk Kota Kupang.

Vice President Marketing Biznet, Bagus Wijaksono memaparkan Biznet hadir di Kota Kupang, sebagai bagian dari komitmen dan upaya menghadirkan layanan Internet WiFi yang cepat dan stabil di lebih banyak area di Nusa Tenggara Timur, setelah Kabupaten Manggarai Barat, Labuan Bajo, kini Biznet memperluas jaringannya di Kota Kupang. Tentunya perluasan jaringan ini merupakan komitmen Biznet untuk menyediakan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah tersebut akan koneksi Internet WiFi yang cepat dan stabil, untuk mendukung aktivitas dan gaya hidup digital masyarakat, serta mendukung pembangunan program Smart City yang sedang dijalankan oleh Pemerintah Kota Kupang.

Biznet juga menurutnya menyediakan fasilitas Internet gratis di beberapa lokasi tempat ibadah di Kota Kupang. Seperti diketahui bersama di masa pandemi ini sebagian besar kegiatan beribadah dilakukan melalui online streaming, tentu tempat ibadah tersebut membutuhkan jaringan Internet yang cepat dan stabil. Karena itu, hingga saat ini Biznet telah menyediakan layanan Internet WiFi gratis di 16 Gereja dan 4 Masjid di Kota Kupang dengan kecepatan Internet mencapai 100 Mbps. Perluasan jaringan Biznet hari ini juga dibarengi dengan peresmian kantor cabang baru Branch Kupang Oebobo yang beralamat di Jl. W.J. Lalamentik No 47A, Kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo. Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Bagus menambahkan, Kota Kupang memang menjadi salah satu fokus Biznet dalam strategi perluasan jaringan. Sebagai Ibu Kota provinsi Nusa Tenggara Timur yang menjadi kota sentral, tentunya Kota Kupang harus memiliki ketersediaan infrastruktur, terutama dalam jaringan komunikasi dan koneksi Internet untuk terus memajukan kota ini dalam segala sektor. Saat ini, jaringan Biznet telah tersedia di beberapa wilayah di Kota Kupang termasuk di Kelurahan Fatubesi, Kelurahan Fatululi, Kelurahan Kayu Putih, Kelurahan Kelapa Lima, Kelurahan Kolhua, Kelurahan Maulafa, Kelurahan Nefonaek, Kelurahan Nunleu, Kelurahan Oebobo, Kelurahan Oebufu, Kelurahan Oesapa Barat, Kelurahan Oepura, Kelurahan Oeba, Kelurahan Pasir Panjang, Kelurahan Tuak Daun Merah. “Biznet sangat senang karena akhirnya jaringan Internet kami tersedia di Kota Kupang. Seiring pertumbuhan gaya hidup digital serta perkembangan infrastruktur di Kota Kupang yang semakin pesat, Biznet hadir dengan teknologi terkini serta cakupan area yang lebih luas. Semoga, perluasan jaringan kami di Kota Kupang ini dapat menjadi solusi terbaik untuk melengkapi pilihan layanan Internet masyarakat di sana, sehingga masyarakat dapat memilih layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan,” pungkasnya. *PKP/nt_ans*

Leave a Reply

Your email address will not be published.