2 July 2022

Foto:PKP/nys

PLAN Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kota Kupang menggelar pelatihan pertolongan pertama bagi stafnya di Kupang. Kegiatan yang berlangsung di Aula Rumah Jabatan Wakil Wali Kota Kupang, Kamis (3/2) itu melibatkan Dinas Pemadam Kebakaran dan PMI Kota Kupang.

Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man yang juga menjabat sebagai Ketua PMI Kota Kupang berkesempatan menyampaikan materi terkait pertolongan pertama pada kecelakaan dan keadaan darurat pada pelatihan tersebut. Usai menyampaikan materi, Wawali menjelaskan PLAN Indonesia Kupang menginginkan agar semua staf mereka di Kota Kupang memiliki kompetensi dalam hal pertolongan pertama pada kecelakaan dan keadaan darurat. Karena itu, dengan adanya kerjasama Pemerintah Kota Kupang dengan PLAN Indonesia Kupang, PMI dan Pemkot Kupang diminta melalui instansi teknis terkait yakni Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang untuk membawakan materi dan memberikan sertifikat.

Wawali juga menyampaikan bahwa PMI dan Pemerintah Kota Kupang menyambut baik dan bersedia memberikan pelatihan, materi serta sertifikat kompetensi dalam hal pertolongan pertama kepada 26 staf PLAN Indonesia Kupang. Selain itu dari aspek PMI sendiri, menurutnya tentu dengan kerja sama akan menambah jumlah relawan saat tanggap bencana terjadi.

PSO Manager Plan Indonesia Kota Kupang, Maria Grace, dalam kesempatannya menyampaikan, PLAN Indonesia Kupang memiliki program Humanitarian Action atau Gerakan Kemanusiaan dan Cepat Tanggap. Oleh karena itu, pihaknya meminta bantuan kepada PMI dan Pemerintah Kota Kupang melalui instansi teknis terkait yakni Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang untuk memberikan pelatihan tentang pertolongan pertama pada kecelakaan kerja dan juga pada keadaan darurat.

Dia berharap dengan adanya pelatihan ini semua staf yang ada di PLAN Indonesia Kupang dapat memahami dan bertindak dengan cepat serta tepat pada saat masa kedaruratan dan saat berhadapan dengan kecelakaan atau kondisi bencana.

Ditambahkannya saat ini untuk kepesertaan pelatihan ini pihaknya masih fokus pada staf PLAN Indonesia Kota Kupang saja dulu. Pelatihan akan berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama para peserta mendapat materi dari PMI Kota Kupang. Di hari kedua nanti para peserta akan dibekali pelatihan teknis dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang. *PKP/nt_nys_ans*

Leave a Reply

Your email address will not be published.