25 June 2022

Frans Lebu Raya, Gubernur NTT periode 2008-2018 berpulang kembali kepada Sang Pencipta, 19 Desember 2021, namun, kenangan hidupnya tak terlupakan dan lekat dimata banyak orang.

Semasa hidupnya, almarhum dikenal humanis, merakyat dan rendah hati serta mudah bergaul dengan siapa saja. Sosoknya yang murah senyum ini selalu diingat orang. Tak terkecuali koleganya sesama politisi.

Salah satu sosok yang merasa kehilangan adalah Wali Kota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore. Jeriko-sapaan karib politisi Partai Demokrat ini cukup dekat dengan Frans Lebu Raya, walau keduanya berbeda partai politik.

Jeriko, Selasa (21/12/2021) mengatakan sejak masih di DPR RI ia sudah intens berkomunikasi dengan Frans Lebu Raya yang saat itu masih menjabat Gubernur NTT. Keduanya selalu berdiskusi tentang bantuan untuk NTT. “Saya di DPR RI selalu koordinasi dengan beliau apa yang perlu kita bantu untuk NTT. Kita saling komunikasi. Kadang bertemu juga di Jakarta,” kata Jeriko.

Ia mengatakan, sosok Frans Lebu Raya merupakan pekerja keras. Apalagi berlatar belakang aktivis sejak masih mahasiswa. Ini terbawa hingga menjadi Gubernur NTT. Berkat kerja kerasnya NTT banyak mendapat bantuan dari pusat.

Jeriko juga mengenang sosok Frans Lebu Raya yang berkampanye untuk dirinya saat maju bersama Kristo Blasin pada Pilwalkot tahun 2012 lalu. Hingga dirinya menjadi wali kota pada tahun 2017, Frans masih menjabat sebagai gubernur. Jeriko dan Herman Man yang terpilih di pilwalkot 2017 kemudian dilantik oleh Frans Lebu Raya atas nama Menteri Dalam Negeri. “Ini sejarah bagi kami dan kami tidak akan lupakan,” kata Jeriko.

Setelah dilantik menjadi wali kota, Jeriko kemudian langsung bertemu gubernur Frans Lebu Raya. Keduanya berdiskusi banyak hal untuk mengubah Kupang menjadi kota yang lebih layak dari sebelumnya. “Pak Frans sangat mendukung kami. Banyak sekali bantuan dari provinsi untuk Kota Kupang,” ujar Jeriko.

Lebih lanjut, ia mengatakan, sosok Frans Lebu Raya layak menjadi teladan bagi generasi penerus. Ia merupakan politisi yang punya pemikiran jauh ke depan. Banyak terobosan yang perlu ditiru seperti program-program pro rakyat, koperasi hingga infrastruktur.

“Kami mendoakan beliau mendapat tempat di layak di sisi Tuhan dan kami akan terus mengenang jasa-jasanya bagi Kota Kupang. Kami juga berdoa Tuhan senantiasa memberikan kekuatan bagi seua keluarga dan kita semua yang ditinggalkan,” pungkas Jeriko. *PKP/nt*

Leave a Reply

Your email address will not be published.