28 June 2022
Foto:PKP/ech_eh

Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore,MM,MH minta para Kepala Sekolah SD/MI untuk berkreasi dan berinovasi meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Kupang. Permintaan tersebut disampaikannya saat membuka Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Kepala Sekolah SD/MI Kota Kupang Tahun 2021 di Hotel Neo Kupang, Kamis (9/12).

Diakuinya tanggung jawab untuk mendisiplinkan anak-anak usia SD bukanlah tugas yang mudah. “Para guru dan kepala sekolah telah melakukan pengorbanan yang luar biasa, agar anak-anak bisa menjadi lebih baik. Terutama di tengah pandemi covid 19, proses pembelajaran di Kota Kupang masih tetap berjalan berkat perjuangan para guru,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota menyampaikan terima kasih kepada Badan Pengurus Kelompok Kerja Kepala SD/MI yang menjadi wadah bagi para kepala sekolah SD/MI se-Kota Kupang, yang  selama ini telah memberikan dukungan kepada Pemkot Kupang dalam upaya peningkatan pendidikan di Kota Kupang. Dia berharap badan pengurus yang baru yang akan terpilih bisa melanjutkan kerja sama yang baik ini ke depan. “Saya percaya pengurus yang baru nanti adalah orang-orang terpilih, yang memiliki komitmen untuk meningkatkan pendidikan di Kota Kupang,” tegasnya.

Mantan anggota Komisi X DPR RI itu memastikan, saat ini Pemerintah Kota Kupang sedang giat mengupayakan pembangunan, tidak hanya infrastruktur tapi juga pembangunan karakter. Diakuinya, saat masih menjabat sebagai legislator pernah memperjuangkan UU perlindungan guru, untuk menghindari kriminalisasi terhadap guru yang tengah berupaya membina dan mendidik para siswanya. Sayangnya perjuangan tersebut belum mencapai hasil yang diharapkan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Drs. Dumuliahi Djami, M.Si yang turut mendampingi Wali Kota pada kegiatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada para kepala sekolah SD/MI yang selama ini sudah membantunya berpikir tentang pendidikan di Kota Kupang, termasuk di masa pandemi covid 19 yang sulit berhasil mereka lewati bersama. Menurutnya rapat koordinasi yang digelar hari ini selain untuk memilih pengurus yang baru juga sebagai momentum untuk mengevaluasi program kerja. Karena itu dia mengimbau agar para kepsek menjadikan rakor ini sebagai forum terhormat dan para kandidat pengurus tidak menciptakan blok antara para anggota. “Siapapun yang terpilih harus lebih baik dari pengurus yang lama,” pintanya. Kadis Pendidikan juga mengajak para kepala sekolah untuk ikut mendukung program Pemkot Kupang yakni Gerakan Kupang Hijau, dengan melakukan penanaman pohon di wilayah Penfui.

Ketua Kelompok Kerja Kepsek SD/MI, Marselinus Juang, S.Pd, menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Kupang yang di tengah kesibukannya berkenan hadir untuk membuka rakor tersebut. Rakor akan berlangsung selama 3 hari sejak 9-11 Desember 2021 dihadiri oleh para kepala sekolah dari 156 SD/MI baik negeri maupun swasta di Kota Kupang. Diakuinya sebagian dari mereka tidak lama lagi akan memasuki masa pensiun sebagai ASN, namun dia memastikan mereka akan selalu mendukung semua program kerja Wali Kota bersama seluruh jajaran Pemkot Kupang. *PKP/ans_nt*

Leave a Reply

Your email address will not be published.