2 July 2022
Foto:PKP/jm

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Kupang menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) tahun 2021 bertempat di Aula Kantor Satpol PP Kota Kupang, Rabu (8/12). Kegiatan dibuka oleh Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM., MH., didampingi Kepala Satpol PP Kota Kupang, Achrudin Rudi Abubakar, S.Sos, M.Si dan Narasumber yang berasal dari pejabat pada Satpol PP Kota Kupang dan BPBD Kota Kupang serta para Camat dan Lurah se-Kota Kupang. Peserta kegiatan merupakan para anggota satlinmas dari 51 kelurahan di Kota Kupang.

Wali Kota Kupang dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu wadah untuk pertemuan yang baik antar anggota linmas yang telah membantu pemerintah dalam menjaga dan memberikan perlindungan kepada masyarakat di tingkat kelurahan. Wali Kota memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para anggota linmas atas perjuangan dan dedikasi yang telah diberikan demi kenyamanan dalam lingkungan masyarakat

“Anggota satlinmas merupakan garda terdepan yang mengetahui permasalahan dan keadaan yang ada di kelurahan tersebut. Oleh karena itu kita sangat bangga atas kerja keras dari anggota linmas dalam membantu masyarakat di kelurahan masing-masing,” ungkap Wali Kota.

Lebih lanjut Wali Kota menyampaikan bahwa tahun ini sedang diperjuangkan agar dapat penambahan sedikit anggaran untuk kesejahteraan para anggota linmas di tahun yang akan datang. Apresiasi juga diberikan kepada Kasat Pol PP Kota Kupang yang memiliki pemikiran dalam meningkatkan kesejahteraan anggota satlinmas yang telah disampaikan untuk dianggarkan oleh Pemerintah Kota Kupang.

Wali Kota berharap agar para Lurah dan anggota Satlinmas dapat membantu menyampaikan program-program yang dicanangkan oleh pemerintah antara lain program vaksinasi, mengingat pandemi covid 19 yang belum berakhir dan masih terdapat masyarakat yang mengikuti program vaksinasi tersebut. Tak lupa Wali Kota juga mengimbau linmas untuk memberikan informasi kepada masyarakat untuk menanam pohon di lingkungan masing-masing, karena dengan tanam pohon Kota Kupang ke depan menjadi hijau dan sejuk agar nyaman untuk ditinggal.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini bertujuan untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat pada situasi Pandemi Covid-19. Linmas diharapkan mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan parsitipatif dalam masyarakat.

Salah satu tugas pokok dan fungsi linmas saat penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satuan Linmas dapat menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tenteram dan aman di wilayah kelurahan. *PKP/chr_nt*

Leave a Reply

Your email address will not be published.