25 June 2022
foto:PKP/ddy_frd

Wali Kota Kupang Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH kembali menyerahkan kunci rumah untuk tiga orang kepala keluarga setelah rumah milik mereka selesai dibedah Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Kota Kupang, jumat (11/6/2021).

Kunci rumah pertama yang diserahkan Wali Kota Kupang adalah milik Lazarus Manu di RT 02 Kelurahan Naimata, dalam kesempatan tersebut Wali Kota Kupang yang didampingi Lurah Naimata, Hendrikus Banunaek disambut secara adat dengan tradisi natoni oleh pihak keluarga. Lazarus Manu yang sehari-hari bekerja sebagai petani ladang tampak terharu ketika mengungkapkan terima kasihnya kepada Wali Kota Kupang.

Rumah berdinding bebak yang ditinggali Opa Lazarus tersebut sudah reot dan hampir roboh. Sehari-hari pria berusia 70 tahun yang akrab disapa Opa Lazarus itu masih tetap berkebun, memanfaatkan ladang miliknya. Opa Lazarus yang tidak fasih berbahasa Indonesia ini sesekali menyeka air matanya, sebelum berucap dengan bahasa daerah untuk menyuruh anak pertamanya menyampaikan isi hati keluarga atas peristiwa suka cita yang di alaminya.

Keluarga Manu mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Kupang karena telah membangun rumah milik orang tua mereka, “kami sekeluarga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wali Kota dan jajaran yang sudah peduli dan membantu membangun rumah tembok untuk orang tua kami, ini semua berkat Tuhan melalui pemerintah sehingga orang tua kami bisa tunggal di rumah yang layak bahkan dilengkapi dengan isinya berupa tempat tidur lengkap,” ujar keluarga Manu.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Kupang mengatakan bahwa dirinya langsung turun ke lapangan minggu yang lalu untuk memastikan kondisi rumah Bapak Lazarus, dirinya melihat kondisi rumahnya sangat memperihatinkan, “minggu lalu kami datang lihat, rumahnya sudah reot, ini merupakan tanggung jawab pemerintah untuk membantu bapak Lazarus memperbaiki rumahnya, melihat perabot rumah tangganya tersedia atau tidak, makanya selain menyerahkan kunci rumah, kami memberikan kursi dan tempat tidur,” ujar sosok yang akrab disapa Jeriko ini.

Mantan anggota DPR RI ini mengatakan bahwa di Kota Kupang masih banyak orang yang sangat membutuhkan perhatian pemerintah, namun dirinya menyadari bahwa matanya masih kurang tajam untuk melihat saudaranya yang hidupnya kurang beruntung sehingga dirinya berharap aparat pemerintah tingkat bawah bisa membantunya melihat persoalan tersebut dan menyampaikannya kepada Pemerintah Kota.

Setelah mengantar Opa Lazarus Manu memasuki rumah barunya, Wali Kota Jefri Riwu Kore dan rombongan, melanjutkan perjalananan untuk mengantar keluarga Bapak Adi Kupa di RT 19 Kelurahan Naimata, Kecamatan Maulafa, rumah milik Adi dikerjakan dalam kurun waktu 12 hari, selama proses pekerjaan Pak Adi dan keluarga diboyong untuk tinggal sementara di Hotel.

Wali Kota kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kelurahan Manutapen, Kecamatan Alak. Wali Kota didampingi Ketua PKK Kota Kupang, Hilda Manafe menyerahkan kunci Rumah yang telah selesai dibedah kepada Bapak Obaja Liu di RT 33/RW 11 Kelurahan Manutapen. Bapak Obaja yang biasanya membantu sebagai linmas di Kelurahan Manutapen, memiliki penghasilan yang tergolong sangat sedikit. Meskipun demikian ia harus menghidupi istri dan lima anaknya, dengan bekerja serabutan.

Setelah mengantar tiga keluarga mendiami rumah barunya, Wali Kota Jeriko kembali melihat rumah milik Bapak Karel Rohi Mola di RT 19/RW 06, Kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo, rumah berdinding bebak tersebut rencananya akan dibedah Pemerintah Kota Kupang. *PKP/nt_sny*

Leave a Reply

Your email address will not be published.