28 June 2022
foto:PKP_frd

Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, M.M., M.H., memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Ranaka Tahun 2021 yang ditandai penyematan pita tanda operasi bertempat di Lapangan Apel Mapolresta Kupang Kota, Rabu (5/5). Apel pasukan juga dihadiri oleh Kapolres Kupang Kota, Satrya P. T. Binti, S.IK, Kasdim Kodim 1604/Kupang, Letkol Inf. Sugeng, Danden POM IX/1 Kupang, Letkol CPM Joao Cesar Da Costa Corte-Real dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang, Bernadinus Mere, AP., M.Si.

Operasi Ketupat Ranaka 2021 dilaksanakan dengan tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranaka 2021, Kita Tingkatkan Sinergitas POLRI Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Idul Fitri 1442 H”. Tujuannya adalah untuk menciptakan rasa aman dan nyaman menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Dalam sambutan Kapolri, Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang dibacakan oleh Wali Kota Kupang menjelaskan bahwa Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan terakhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 dalam rangka pengamanan hari Raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personil maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra kamtibmas lainnya

foto:PKP_alf

Menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H tren kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 2,03%. Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik pada hari raya Idul Fitri 1442 H. Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa keputusan tersebut diambil dari berbagai macam pertimbangan kenaikan kasus setelah pelaksanaan libur panjang. Oleh karena itu Operasi Ketupat 2021 harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh seluruh jajaran masyarakat dalam rangka menempatkan keselamatan masyarakat.

Polri menyelenggarakan Operasi Ketupat 2021 selama 12 hari, mulai tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021. Tentunya di saat hari raya seperti sekarang dengan peningkatan aktifitas masyarakat sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19. Operasi ini adalah upaya Polri dalam mencegah penyebaran Covid-19 melalui penyekatan dan penegakan terhadap protokol kesehatan.

Operasi Ketupat Ranaka 2021 diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Kota Kupang yang merayakan hari raya Idul Fitri 1442 H. Tindakan persuasif, humanis dan tegas diutamakan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat dalam pelaksanaan hari raya. Hal tersebut juga sebagai upaya Polri untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta mencegah terjadinya kerumunan massa di wilayah Kota Kupang. *PKP/nt_chr*

Leave a Reply

Your email address will not be published.