25 June 2022

foto:eh

foto:eh

Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man mengajak para guru untuk berkolaborasi dan bergotong royong dengan pemerintah menghadapi covid 19 yang melanda hampir seluruh dunia. Semangat juang para guru yang tetap gigih mendidik para siswa-siswi meskipun dalam keterbatasan selama pandemi covid 19 menurutnya perlu mendapatkan apresiasi tinggi. Ajakan tersebut disampaikan Wawali saat menghadiri acara Peringatan HUT PGRI ke-75 dan Hari Guru Nasional Tingkat Kota Kupang Tahun 2020 yang berlangsung secara virtual di ruang kerja Wakil Walikota Kupang, Rabu (25/11). Turut hadir dalam kegiatan tersebut, anggota DPD RI, Ir. Abraham Liyanto, Kepala Kejaksaaan Negeri Kota Kupang, seluruh pengurus PGRI Kota Kupang dan para Kepala TK/RA/SD/Mi/SMP/MTs Se-Kota Kupang.

Pada kesempatan yang sama Wakil Walikota Kupang juga menyampaikan terima kasih kepada para guru dan tenaga pendidik atas perannya dalam membangun sumber daya manusia. Guru menurutnya merupakan profesi yang luar biasa, sebab guru adalah orang-orang yang menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Peringatan hari guru dan HUT PGRI kali ini merupakan momentum bukan hanya untuk mengucap syukur kepada Tuhan atas perlindungan kepada para guru dan keluarga besar PGRI selama 75 tahun, tetapi juga sebagai kesempatan untuk membaharui dan meneguhkan komitmen mewujudkan cita-cita luhur untuk mempersiapkan generasi penerus yang cerdas dan berkarakter.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Kupang, Aplunia Dethan, S.PD.,M.PD, menyampaikan setelah 75 tahun, jati diri PGRI sebagai organisasi profesi yang independen senantiasa dijaga dan melekat pada diri pengurus, pejuang aktivitas dan para guru. Sebagai pejuang guru, pendidik dan tenaga pendidikan, PGRI terus bergerak untuk mengabdi dan memperbaharui diri serta senantiasa adaptif dan responsif terhadap perubahan.

Ditambahkannya guru sangat berperan penting dalam dunia pendidikan yang berkarakter, kreatif, inovatif dan berdedikasi. Guru yang berkarakter akan memancarkan fajar penerang di sekelilingnya yang ditumbuhkan melalui proses pendidikan yang mengembangkan budi pekerti sehingga mendorong siswa-siswi mengembangkan potensinya.

Ketua PGRI Kota Kupang juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang memberi perhatian terhadap peningkatan kesejahteraan guru tanpa membedakan status dan responsif terhadap perjuangan PGRI khususnya di tengah pandemi covid 19. Kepada para pengurus PGRI di semua tingkatan dia meminta untuk selalu menjalin kerja sama yang baik membantu pemerintah meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Kota Kupang.

Tagline HUT PGRI ke-75 dan Hari Guru kali ini adalah “Guru Menolak Menyerah Karena Pandemi Covid”. Puncak perayaan HUT PGRI ke-75 akan disiarkan secara livestreaming pada tanggal 28 November 2020 mendatang yang akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia secara virtual dan pada tanggal 30 November 2020 nanti akan dilaksanakan dialog publik. *PKP/nt_ans_eh*

Leave a Reply

Your email address will not be published.