2 July 2022

foto:rdp_ddy

foto:rdp_ddy

Pemerintah Kota Kupang kembali menyalurkan bantuan sosial (bansos) bagi warganya. Kali ini penyerahan bansos dilakukan bagi 466 guru dan tenaga kependidikan SMA/SMK warga Kota Kupang. Bansos bagi guru SMA/SMK tersebut diserahkan oleh Walikota Kupang bertempat di aula rumah jabatan Walikota, Senin (26/10) pagi. Walikota didampingi Ketua TP. PKK Kota Kupang yang juga anggota DPD RI, Ny. Hilda Riwu Kore-Manafe.

Penyerahan bansos yang di salurkan oleh Dinas Sosial bagi Guru Dan Tenaga Kependidikan SMA dan SMK merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Kupang dalam membantu guru dan tenaga kependidikan yang merupakan salah satu dari sekian banyak warga Kota Kupang yang terdampak pandemi covid 19 khususnya di Kota Kupang. Demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Lodwyk Djungulape.S.Sos dalam laporannya saat penyerahan berlangsung. Disebutkan, penyaluran bansos yang disalurkan tersebut telah melakukan tahapan verifikasi dan validasi sesuai dengan tahapan aturan dan ketentuan yang berlaku terutama proses konsultasi dengan berbagai pihak.

Wali Kota dalam sambutannya menjelaskan upaya pemerintah dalam menjangkau warga Kota Kupang terdampak pandemik covid 19 yang belum tersentuh oleh uluran tangan dan bantuan pemerintah. “Terkadang Pemerintah fokus pada hal-hal yang kecil dan tidak memperhatikan semuanya, saat ada masukan-masukan yang luar biasa kita tangkap langsung. Ini saatnya kita membantu mereka karena uang ini bukan uang pribadi sehingga ada baiknya semuanya kita bantu siapa pun itu terutama pasti kita bantu kalau dia adalah warga Kota Kupang yang sangat membutuhkan bantuan,” tuturnya.

Disampaikan Wali Kota, pihaknya senantiasa proaktif untuk memastikan setiap warga mendapatkan hak-haknya. “Sebagai pemerintah, kami punya kebanggaan tersendiri dalam memperhatikan warga kota dengan sungguh-sungguh oleh karena itu saya pertanyakan hal ini kepada Kepala Dinas Sosial untuk memberikan informasi kepada para Lurah dan RT agar selalu cek apakah di antara lingkungan mereka ada yang belum terbagi atau belum mendapat bantuan pemerintah agar jangan ada yang terlewatkan atau luput dari perhatian dan bantuan pemerintah,” ujarnya. “Adanya covid-19 ini mengakibatkan menurunnya penghasilan dan saat -saat inilah pemerintah harus ada untuk membantu, dan hari ini melalui Dinas Sosial Pemerintah Kota Kupang membagikan paket bansos sebanyak 466 paket,” jelas Wali Kota.

Wali Kota berharap adanya masukan-masukan berharga perihal sasaran bantuan Pemerintah bagi warga yang sangat membutuhkan misalnya kehilangan pekerjaan disebabkan perusahan tidak dapat beroperasi disebabkan pandemik covid 19, juga bagi para janda, balu, serta yatim piatu yang tergolong warga miskin. Untuk itu Wali Kota minta data yang jelas sehingga dalam penyaluran bantuan oleh Pemerintah melalui instansi teknis dapat benar benar terdata dan tidak ada yang terlewatkan.

Dari laporan panitia diketahui, Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Sosial Kota Kupang mendapat usulan Penyaluran Bansos bagi Guru Dan Tenaga Kependidikan sebanyak kurang lebih 2.600 yang mencakup jenjang TK,PAUD hingga SMA dan SMK. Khusus untuk SMA dan SMK Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Sosial mendapat usulan penyaluran bansos sejumlah 648 orang dan setelah dilakukan tahapan validasi sesuai ketentuan dan syarat-syarat yang harus diikuti maka dihasilkan sebanyak 466 orang yang dapat terakomodir menggunakan APBD Kota Kupang. *PKP/nt_rdp_ddy*

Leave a Reply

Your email address will not be published.