28 June 2022

Walikota Kupang Dr. jefirstson R. Riwu Kore menghadiri acara pisah-sambut pimpinan Komando Distrik Militer (Kodim) 1604 dari Kol. (Arh) Made Kusuma Dhyana Graha, S.Ip selaku pejabat lama dan Letkol. Jimy Rihi Tugu selaku pejabat baru. Acara pisah sambut tersebut  berlangsung di Restauran Nelayan pada selasa malam (23/06).

Acara ini juga dihadiri oleh  Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kupang, Odermaks Sombu, SH, MA, Ketua DPRD Kota Kupang Yeskiel Loudoe, S.Sos,  Pj. Sekda Kota Kupang Ir. Elvianus Wairata, M.Si, Asisten bidang Pemerintahan Sekda Kota Kupang, Drs. Yoseph Rera Beka,  Sataf Ahli Pemerintah Kota Kupang bidang kemasyarakatan dan sumber daya manusia Thomas Didimus Dagang, S.Sos.,M.Si, pimpinan OPD lingkup Pemkot kupang  serta para pimpinan Forkopimda lingkup Kota juga tampak hadir alam acara tersebut.

Pada kesempatan pertama diberikan kepada Komandan Kodim 1604/Kupang yang lama, Kol. (Arh) Made Kusuma Dhyana Graha, S.Ip untuk menyampaikan kesannya selama menjabat sebagai komandan Kodim 1604/Kupang selama 10 bulan di wilayah Kabupaten Kupang dan Kota Kupang,  Kolonel yang biasa dipanggil Bli Made (panggilan akrabnya) memohon maaf atas kekurangan yang mungkin ada selama menjabat sebagai Dandim serta berterima kasih atas bantuan dan kerjasama yang terjalin bersama Pemerintah Kota kupang dan Kabupaten Kupang serta seluruh jajaran forum koordinasi pimpinan di kedua daerah ini. “kita hanya manusia biasa tentu tak selalu sempurna, dalam menjalankan jabatan sebagai komandan Kodim 1604 pasti ada banyak hambatan  namun sebagai prajurit saya menganggap sebagai sebuah tantangan tugas, dan patut kita syukuri bersama bahwa  kita selalu  bisa mengatasinya  bersama, tentu ini semua  berkat kerjasama yang terbina baik selama ini” sulit bagi saya untuk berfikir meninggalkan Kota Kupang, bahwa apa yang sudah terjalin selama 10 bulan ini sungguh begitu berkesan. Namun sekali lagi sebagai prajurit saya harus patuh pada perintah atasan untuk siap ditempatkan dimana saja diwilayah republik Indonesia, tegasnya.

Kepada Letkol Jimy Rihi Tugu, beliau ini orang kupang dan ketika saat ini harus bertugas dikupang sama seperti “kembali kampung halaman” dan ketika saya mulai bertugas dikupang  saat itu saya selalu berdiskusi dengan beliau, dengan pengatahuan wilayah yang jauh lebih baik dari saya maka tentu saya sangat yakin beliau akan menjalankan tugas dengan baik dan jauh lebih sukses dari apa yang sudah saya lakukan, seraya mengucapkan Slamat bertugas Letkol Jimy.

Sementara, Komandan Kodim 1604/Kupang yang baru Letkol Jimy Rihi Tugu pada kesempatan tersebut  menyampaikan kesannya, merasa bangga atas acara malam ini,  sambutan hangat dan penuh keakraban yang ditunjukkan oleh Walikota kupang dan seluruh unsur forkompimda beserta jajaran dimasing-masing OPD lingkup kota kupang, “saya merasa bangga dan tentu dengan lewat keakraban yang ditunjukkan pada malam ini, saya yakin akan sangat terbantu dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai komandan Kodim 1604 yang baru, tentu saya harus mengenali ulang daerah tugas yang baru ini setelah cukup lama bertugas diluar”. Letkol. Jimy Rihi Tugu mengtakan, semoga ketika menjalankan tugas-tugas saya sebagai pejabat baru dilingkungan Kodim 1604 kupang mendapat arahan terutama dari Walikota kupang, Bupati dan rekan-rekan Forkopimda, agar sebagai “teman Baru”  boleh cepat beradaptasi dengan irama yang selama ini sudah berjalan baik, “Keberadaan saya tidak ada artinya tanpa dukungan dan bantuan semua pihak” harapnya.

Provinsi Nusa Tenggara Timur, khususnya Kota Kupang telah menjadi destinasi wisata yang menyita perhatian secara nasional, hal tersebut dibuktikan dengan perhatian Presiden Republik Indonesia kepada NTT melalui beberapa kali kunjungan kerjanya. Oleh sebab itu keberadaan TNI di daerah ini adalah bagaimana kami menggerakkan seluruh kemampuan kami sebagai TNI untuk membantu pemerintah sehingga tujuan pembangunan dapat terlaksana dengan baik.

Walikota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH dalam sambutannya, menyampaikan terimakasih kepada Kol. (Arh) Made Kusuma Dhyana Graha, S.Ip  telah banyak membantu selama 10 bulan menjabat sebagai Dandim 1604/Kupang, “kami sangat terbantu dalam berbagai proses kemitraan baik dalam bagian Forkopimda maupun mitra diluar itu misalnya saja bagaiman pak Made turut memperkenalkan pemerintah kota dengan mitra diluar sana untuk membantu Kota Kupang”, itu dilakukan oleh pak made berulang kali sehingga kota kupang sangat terbantu, sembari mengucapkan selamat jalan dan selamat bertugas ditempat yang baru semoga sukses selalu menyertai pak made beserta keluarga, ucapnya.

Kemudian walikota kupang menyapa Letkol. Jimy Rihi Tugu dengan menyebut Ama Jimy. Slamat datang dikota kupang sebagai tempat tugas yang baru dan sekaligus kampug halaman sendiri, dengan kehadiran ama Jimy  semoga memperkuat kebersamaan dan kemitraan yang sudah terbangun antara Pemerintah Kota Kupang dan Kodim 1604 kupang selama ini, selamat datang dan bertugas dikota kasih dan doa kami selalu sukses di tempat yang barun ini. *PKP/nt_jms_let*

Leave a Reply

Your email address will not be published.