3 July 2022

Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, M.M., M.H., kembali turun langsung memantau proses penyaluran sekaligus menyerahkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Wali Kota yang didampingi Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Lodywik Djungu Lape, S.Sos dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Kupang, Ernest Ludji., S.STP., M.Si. mengunjungi tiga kelurahan, Senin (22/6), antara lain Kelurahan Oebufu, Kelurahan Maulafa dan Kelurahan Oesapa.

Kepada warga penerima bantuan Wali Kota menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan penyaluran bantuan karena masih dilakukan validasi data yang cermat terlebih dahulu. Hal tersebut guna mencegah adanya pendobelan atau ketidakcocokan data. Namun, Wali Kota telah menginstruksikan kepada Dinas Sosial agar dalam bulan depan, bantuan yang akan diberikan selama tiga bulan berturut-turut ini akan dibagikan tepat waktu.

Bansos berupa paket sembako yang didanai APBD tahun anggaran 2020 tersebut terdiri atas 10 kg beras, 2 liter minyak goreng, 2 kg gula pasir dan 1 dos mie instan.

Wali Kota dalam kesempatan tersebut mengingatkan para Lurah dan petugas validasi untuk tidak membiarkan warga menunggu terlalu lama, “Kalau bisa jangan ada antrian. Panggil saja nomor urut sesuai dengan yang ada di undangan sehingga tidak ada penumpukan warga di kantor lurah,” tambahnya.

Total bantuan yang di bagikan di tiga kelurahan tersebut sebanyak 2.588 paket, terdiri dari 800 paket untuk warga Kelurahan Oebufu, Kelurahan Maulafa mendapat 487 paket, dan di Kelurahan Oesapa 1.301 paket.

Sebelumnya, pada 15 Juni 2020 lalu Wali Kota juga sudah turun langsung memantau pembagian bansos di tiga kelurahan di Kecamatan Alak, yakni Kelurahan Alak, Kelurahan Penkase Oeleta dan Kelurahan Namosain. Penyaluran bantuan paket sembako kepada 23.640 kepala keluarga di Kota Kupang ini akan berlangsung hingga tanggal 27 Juni 2020 mendatang dan akan disalurkan di enam kecamatan se-Kota Kupang.

Bansos paket sembako ini diprioritaskan bagi warga terdampak Covid-19 yang tidak termasuk dalam data penerima bantuan dari dana APBN seperti PKH, Sembako Nasional, dan bantuan lainnya. *PKP/nt_frd_ddy

Leave a Reply

Your email address will not be published.