3 July 2022

Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH menghadiri acara penyerahan 1.000 paket bantuan dari Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) dan Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) juga 200 paket bantuan dari Bank Muamalat bagi masyarakat yang terkena terdampak Covid-19 dengan tajuk ‘Sedekah dari Dermawan’ di Kelurahan Tuak Daun Merah, Minggu (26/4).

Bantuan paket terdiri beras, mie instan, minyak goreng, gula dan masker senilai Rp.112.000 per paket. Bantuan diserahkan oleh Direktur Bank Muamalat Cabang Kupang, Syafruddin dan Ketua KKSS Provinsi NTT, H. Muhammad Darwis kepada para perwakilan dari mesjid, gereja, ikatan keluarga Sulawesi Selatan dan kerukunan keluarga Toraja, disaksikan oleh Wali Kota Kupang Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH dan Ketua MUI Kota Kupang selaku Ketua Panitia, H. Muhammad MS. Wali Kota didampingi Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Ernest S. Ludji, S.STP, M.Si.

Dalam sambutannya Wali Kota Kupang, Dr. Jefry Riwu Kore mengapresiasi adanya aksi yang digagas KKSS dan IWSS tersebut, beliau mengatakan bahwa kegiatan seperti ini merupakan wujud kepedulian dari KKSS dan IWSS terhadap masyarakat yang terdampak secara sosiak dan ekonomi akibat adanya pandemi Covid-19, terutama mereka yang tidak bisa bekerja karena mematuhi imbauan pemerintah untuk diam di rumah saja demi memutus rantai penyebaran wabah tersebut.

Wali Kota mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Kota Kupang tengah menyiapkan skenario untuk menanggulangi dampak sosial dan ekonomi akibat adanya penyebaran Covid-19 di Kota Kupang, “Camat dan Lurah dibantu para LPM, RT dan RW sedang mendata masyarakat di lingkungan masing-masing yang layak menerima bantuan. Bantuan tersebut akan kami bagikan mulai Mei 2020 mendatang, untuk itu dibutuhkan partisipasi kita semua agar pendataan dapat berjalan baik sehingga bantuan diberikan tepat sasaran,” ujarnya.

Wali Kota mengapresiasi semua pihak yang terpanggil untuk membantu masyarakat di tengah pandemik, termasuk yang dilaksanakan oleh KKSS dan IWSS. Dirinya mengajak seluruh pihak yang mampu untuk berpartisipasi membantu masyarakat yang kurang beruntung di tengah-tengah pandemi Covid-19, “terimakasih karena telah membantu meringankan beban warga yang terkena dampak dari adanya pandemik ini. Saya berharap kita semua, baik Pemerintah dan masyarakat dapat bergandengan tangan saling membantu di tengah situasi bencana seperti ini,” ajak Jeriko, begitu sapaan akrabnya.

Ketua MUI Kota Kupang, H. Muhammad MS mengatakan paket diserahkan kepada setiap perwakilan yang hadir dari masjid, gereja, Anggota KKSS dan IWSS Kota Kupang, Ikatan Masyarakat Sulawesi, dan Keluarga Kerukunan Toraja, kemudian akan didistribusikan oleh masing-masing perwakilan tersebut, “paket sedekah ini kemudian akan didistribusikan oleh perwakilan dari masjid, gereja dan organisasi masing-masing. Para perwakilan yang akan menentukan anggota masing-masing yang berhak menerimanya,” jelas H. Muhammad MS. *PKP/nt_frd*

Leave a Reply

Your email address will not be published.