25 June 2022

Pemerintah Kota Kupang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kupang menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan Oebobo, Kamis (19/3) bertempat di aula kantor kecamatan Oebobo. Kegiatan dibuka secara langsung oleh Penjabat (Pj.) Sekda Kota Kupang, Ir. Elvianus Wairata, M.Si, didampingi  Camat Oebobo, Matheos A. H. T. Maahury, S.E., dan dihadiri oleh ketua komisi I DPRD Kota Kupang, Yuvensius Tukung, S.Pd., beserta 3 anggota DPRD Kota Kupang daerah pemilihan Oebobo, para pimpinan perangkat daerah, para lurah, ketua LPM, tokoh masyarakat dan unsur lembaga sosial se-Kecamatan Oebobo,

Dalam laporan panitia yang disampaikan oleh ketua panitia Musrenbang Kecamatan Oebobo, Ricko Oemar bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan Musrenbang kelurahan se-Kecamatan Oebobo yang telah dilaksanakan bulan februari. Melalui forum Musrenbang ini diharapkan sebagai media untuk mendapatkan masukkan dan klarifikasi berbagai prioritas dari masing-masing kelurahan. Ukuran prioritas kelurahan akan diverifikasi menjadi prioritas menurut kecamatan setelah mempertimbangkan aspek urgensitas dengan visi misi Pemerintah Kota. Adapun tujuan pelaksanaan Musrenbang adalah membahas prioritas kegiatan hasil Musrenbang kelurahan di wilayah Oebobo, melakukan koordinasi, konfirmasi dan klarifikasi usulan program perangkat daerah dengan pelaksanaan program 2021 di Kecamatan Oebobo, melakukan klasifikasi atas prioritas kegiatan pembangunan kecamatan sesuai dengan fungsi-fungsi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan menetapkan prioritas kegiatan yang akan diusulkan pada forum OPD.

Komisi I DPRD Kota Kupang Yuvensius Tukung, S.Pd memberikan apresiasi penghargaan setinggi-tingginya bagi segenap elemen yang hadir. Semua telah memberikan tenaga dan pikiran untuk pembangunan Kota Kupang melalui Musrenbang tingkat kecamatan ini. Beliau mengatakan bahwa Wali Kota Kupang sedang semangat untuk menata kota dan dapat kita lihat perkembangan luar biasa di Kota Kupang untuk 1 tahun belakangan ini yang juga nanti 2020-2021 akan masif dengan kebijakan lainnya. “kami adalah anggota DPRD kota Kupang yang tentu secara moril dan secara konstitusinya akan bertanggung jawab penuh terhadap masyarakat kota Kupang dari 6 Kecamatan dan 51 Kelurahan,” katanya.

Pj. Sekda Kota Kupang dalam sambutannya menyampaikan Musrenbang tingkat kecamatan menghimpun berbagai usulan yang tentunya akan diselaraskan dengan visi misi kepala daerah dan juga renstra masing-masing perangkat daerah dan mengacu pada keuangan daerah yang tersedia. Fokus utama Musrenbang sesuai dengan tema pembangunan memberikan energi dengan sumber daya agar menjadi kesepakatan dalam RKPD. “kami mengharapkan agar forum ini bisa menghasilkan sebuah rekomendasi yang nantinya akan dipandu oleh teman-teman Bappeda dan perangkat daerah terkait untuk bisa menghasilkan program-program yang sesuai dengan kepentingan bersama terutama berkaitan dengan usulan-usulan infrastruktur,” tutur Ely Wairata.

Selanjutnya berdasarkan tema atau fokus Musrenbang Kota Kupang tahun 2021 yaitu “Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia Melalui Usaha Pemenuhan Akses Pendidikan dan Kesehatan, Pembangunan Infrastruktur, Perlindungan Serta Penguatan Ekonomi Perkotaan Pembangunan Berkelanjutan”, Pj. Sekda menyampaikan bahwa pembangunan Kota Kupang tahun 2021 difokuskan pada : peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, peningkatan pembangunan infrastruktur yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, peningkatan perekonomian akses pelayanan perizinan dan penciptaan lapangan kerja dan peningkatan kesejahteraan sosial. *PKP/nt_chr*

Leave a Reply

Your email address will not be published.