25 June 2022

Wakil Walikota Kupang, dr. Hermanus Man hadir dan memberikan pengarahan pada acara Pra-Rapat Akhir Tahun (RAT) ke-24 tahun buku 2019, KSP KOPDIT Pintu Air Cabang Kupang dan Oesao yang dilaksanakan pada Sabtu, 14 Maret 2020, bertempat di Restaurant Timor Raya, Kelapa Lima – Kota Kupang

Hadir dalam Pra-Rapat Akhir Tahun (RAT) ke-24 tahun buku 2019, KSP KOPDIT Pintu Air Cabang Kupang dan Oesao kali ini para tamu undangan yaitu Plt. Kepala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT, Sylvia Peku Djawang. Kepala Dinas Koperasi Kota Kupang, Dra. Th. Balina Oey, M.Si, Kepala Dinas Koperasi Kab. Kupang, Amos Uly, serta unsur pengurus KSP KOPDIT Pintu Air yaitu Anggota Pengawas Pusat, Meks Naat, SH. Ketua KSP KOPDIT Pintu Air Pusat, Yakobus Jano, SM. Sekertaris KSP KOPDIT Pintu Air Pusat, Makdalena P. Lamak. Ketua Komite Cabang Kupang, Aloysius Kamil, SH. Ketua Komite Cabang Oesao, Krispus Leltakaeb, S.Pd

KSP KOPDIT Pintu Air, yang hadir di masyarakat dengan motto pelayanan “Pintu Air Ada Dimana-mana” saat ini memiliki anggota KSP KOPDIT Pintu Air di Kota Kupang sebanyak 9000 anggota dan di Oesao sebanyak 4000 anggota. Dalam pelaksanaan Pra-Rapat Akhir Tahun (RAT) ke-24 tahun buku 2019 ini, mengusung tema pelayanan “Bersyukur, Bangkit, Berdiri, Berjalan Tegak Terhormat”.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man, menyampaikan apresiasi atas dilangsungkannya RAT oleh salah satu Koperasi terpopuler di kalangan masyarakat kota dan kabupaten Kupang. Di mana dua wilayah tersebut Koperasi adalah salah satu pilar penggerak ekonomi masyarakat terkhususnya bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM), katanya “Jadi bapak dan ibu yang masuk dalam koperasi adalah penggerak ekonomi bangsa, dan aset kekayaan koperasi ini setiap tahun tentunya terus bertambah, dengan demikian berarti bangsa dan pemerintah harus mengakui koperasi sebagai pelaku ekonomi,”.

Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man pun berpesan kepada seluruh anggota KSP KOPDIT Pintu Air cabang Kupang, agar selalu menjadi pelaku ekonomi yang baik guna menghidupkan roda usaha, sehingga berdampak pada masa depan masyarakat mandiri dan maju, “Perlu mensyukuri karena dilakukan RAT tahun ini, karna kalau tidak dilakukan berarti koperasi tidak sehat, namun yang dilakukan hari ini menyatakan bahwa, Bapak, ibu adalah corong Koperasi, sudah membantu hidupnya perkoperasian,” jelasnya.

Ia mengatakan, walaupun tantangan yang dihadapi dalam dunia koperasi adalah persaingan antara berbagai KSU lain, namun sebenarnya mewujudkan kestabilan masyarakat dalam menjalankan usaha. Oleh karena itu perlu termotifasi menjadi salah satu koperasi yang berperan bagi lesejahteraan rakyat. Kata dr. Hermanus Man “Atas nama pemerintah, saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berkoperasi. Lanjutnya “Pertumbuhan koperasi bukan karena berapa banyaknya SHU anggota, tapi ada banyak unsur, yang terutama berapa banyak anggota”.
Adapun filosofi Wakil Walikota Kupang terhadap keberadaan KSP KOPDIT Pintu Air “filosofinya saya terhadap KSP KOPDIT Pintu Air adalah Pintu Air seperti pintu – pintu air untuk daerah pertanian. Sehingga, semoga menjadi sumber bagi segala pertumbuhan ekonomi keluarga para anggota”.

Wakil Wali Kota Kupang menambahkan “Mengurus koperasi harus profesional dan jujur. Untuk itu, dalam persaingan dengan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang lain. Persaingan akan dimenangkan oleh yang professional dan jujur dalam pelayanan”. Lanjutnya “Harapannya adalah pengurus ini dapat memberikan pelayanan yang baik, cepat, serta sigap. Persaingan itu dimenangkan oleh orang yang mengurus koperasi dengan benar, semakin banyak yang bergabung,” ungkap Wawali dr. Hermanus. *PKP/nt_nys*

Leave a Reply

Your email address will not be published.