3 July 2022

Wakil Wali Kota Kupang, Dr. Hermanus Man membuka acara “Lokakarya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Tahun 2020”  hari ini,  (02/ 03) di Aula Rumah Jabatan Wali kota kupang.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GMHS) adalah merupakan sebuah gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI melalui  INSTRUKSI PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA  Nomor  01 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.  Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan upaya promotif dan preventif, artinya tindakan yang diambil terkait dengan INPRES tersebut adalah untuk mengurangi atau menghilangkan kemungkinan terjadinya suatu kejadian yang  tidak diinginkan di masa depan.

Ketua panitia Maria Magdalena Detaq, S.Ip dalam sambutannya pada kegiatan lokakarya tersebut mengatakan bahwa, Pemerintah Kota Kupang melalui bagian Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kota Kupang merasa perlu mengadakan Lokakarya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang saat ini kita fokuskan pada aspek peningkatan  kualitas lingkungan hidup, untuk mendorong kemitraan lingkungan dan peran  serta masyarakat (baik masyarakat umum, kaum perempuan serta lembaga yang berkaitan dalam menjaga kualitas lingkungan meliputi Sumber  Air, TPA, Bank Sampah/ TPS, DAS serta daerah tangkapan air di Kota Kupang.

Maria Magdalena Detaq, S.Ip juga mengatakan bahwa, maksud dari penyelenggaraan kegiatan lokakarya ini adalah sebagai  berikut :jumlah komunitas penyelamat sumber daya alam dan lingkungan pada kawasan (DAS, sumber mata air, Karsth, pesisir, rawa, laut, bakau, komunitas sekitar kawasan industri dan pemukiman serta pencinta alam), Mengurangi jumlah timbunan sampah melalui pembangunan (bak sampah, penerapan EPR/ Extended Producer Reponsibility oleh produsen dan ritailer/ pengecer, pusat daur ulang sampah dan penghargaan adipura), Terciptanya kemitraan dengan swasta, pelaku usaha dan sekaligus menyelaraskan sumber daya alam dan menjaga kualitas lingkungan, Menyusun rumusan kebijakan sumber daya alam lingkungan hidup di pemerintah kota kupang

tujuan dari lokakarya ini  adalah : untuk menciptakan kemitraan dan peran serta masyarakat dalam menjaga kualitas lingkungan dan sumber daya alam diwilayah kota kupang  Paparnya.

Lokakarya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GMHS) yang  berlangsung hari ini dihadiri oleh sejumlah pihak yang berkompeten terkait dengan issue yang berhubungan dengan peningkatan kualitas lingkungan  hidup dan peluang kemitraan strategis yaitu : Tim percepatan pembangunan kota kupang, Komisi III DPRD Kota Kupang, LSM, Kelompok Pencinta lingkungan, Kelompok Pegiat sampah/ Aktifis/ Praktisi, Pengusaha, Perbankan, Universitas dikota kupang, Tokoh masyarakat/ Tokoh agama/ Tokoh pemuda/ Tokoh perempuan, Pimpinan perangkat daerah tingkat kota kupang, Perangkat daerah tingkat provinsi NTT, Dekranasda kota kupang, Tim penggerak PKK kota kupang, PD pasar dan koordinasi  5 pasar kota kupang, TNI, Media massa dan Lembaga pembinaan khusus anak.

Sedangkan nara sumber dalam lokakarya tersebut  adalah :seksi Evaluasi bidang penilaian kinerja pengolahan sampah, Ditjen Pengolahan Sampah, Limbah dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (Vir Katrin, S.Sos., M.Si), Pakar hukum lingkungan UNDANA kupang (Prof. Dr. Jimmy Pello, SH., MS), Pakar kebijakan publik UNDANA kupang (Dr. Ajis. S. Adang Djaha, M.Si), Praktisi tekhnologi terapan bidang lingkungan hidup POLITEKNIK Negeri kupang (Edwin Hattu, ST, M.Si)

Sementara itu Wakil Wali kota kupang, Dr. Hermanus Man  yang  didampingi oleh  Asisten Administrasi  Umum SEKDA Kota Kupang, Ir. Eduard Jhon Pelt dan mantan Wali kota kupang periode 2007 – 2012 Daniel Adoe, dalam sambutanya yang sekaligus membuka Lokakarya Gerakan Masyarakat Hidup  Sehat Tahun 2020  (GMHS) mengatakan bahwa “Pergeseran musim yang kita rasakan kali ini adalah suatu kondisi yang penting dan mempunyai  korelasi yang erat dengan kegiatan  kita hari ini, mengapa demikian ? karena sangat berhubungan dengan lingkungan dengan segala persoalannya”

Lanjut kata Wakil wali kota kupang,  “dua minggu yang lalu saya diminta oleh wali kota kupang untuk menghadiri sebuah pertemuan internasional yang membahas tentang upaya pemerintah kota terhadap perubahan cuaca dan apa upaya yang sudah dilakukan oleh pemerintah terkait dengan persoalan tersebut dan kemudian dapat  dipresentasikan pada pertemuan ditingkat asia pasifik”. Ada sekitar 20 wali kota se-Indonesia akan dilihat sekaligus di nilai oleh sebuah Tim penilai untuk menentukan daerah yang cocok  diproyeksikan dalam sebuah program/ project CLIMATE RESILIENCE (ketahanan cuaca) yang dikaitkan denga issue pencemaran lingkungan.

Oleh karena itu kata Wakil wali kota kupang, Dr. Hermanus Man menyambung pernyataannya diatas mengatakan bahwa, Pemerintah Kota Kupang  dalam upayanya untuk menjaga kualitas lingkungan hidup dalam konteks Gerakan Masyarakat Hidup Sehat  degan issue perubahan cuaca sebagaimana yang  telah dicanangkan oleh Presiden RI adalah  bahwa  pemerintah Kota Kupang telah berupaya  men-design sebuah misi  Wali Kota – Wakil Wali Kota kupang sejak terpilih  ketika itu, untuk menetapkan  Kupang Green sebagai salah satu tujuan yang harus dijalankan/ atau dicapai  dibidang issue lingkungan hidup yang didasarkan pada pemikiran – pemikiran yang “base on situation” baik yang terkait dengan masalah sampah, air bersih, ruang publik yang representatif dan pepohonan sebagai paru – paru kota.

Lanjut kata Wakil Wali Kota Kupang seraya membuka kegiatan lokakarya tersebut, ia Mengatakan bahwa   berdasarkan berbagai faktor yang berhubungan dengan kualitas  lingkungan hidup kita, baik yang terkait dengn sampah, kesadaran masyarakat terhadap masalah sampah, perubahan iklim dan Climate Resilience atau ketahanan masyarakat terhadap cuaca serta upaya pemerintah dalam menciptakan ruang publik yang reprensentatif bagi masyarakat (bagian dari kualitas hidup masyarakat)  maka   saya  ingin  mengajak kita semua untuk melakukan sebuah gerakan moral yang mendorong  masyarakat untuk melakukan upaya  masiv  yang  dapat menciptakan kesadaran  tentang  issue lingkungan dan peka terhadap perubahan cuaca  agar masyarakat selalu waspada dan menjadikan dirinya bagian  terpenting untuk berkontribusi sebagai bentuk kepeduliannya bagi kehidupan ini. Kemudian paparnya, atas nama pemerintah saya berharap bahwa semua materi yang disajikan dapat memberikan manfaat bagi kita semua dan menjadi daya dorong yang kuat untuk kita dapat mencapai sebuah kesadaran  bersama dalam menjaga sebuah lingkungan yang sehat bagi masyarakat kota kupang. *PKP/nt_jms_rdp*

Leave a Reply

Your email address will not be published.